Cari Blog Ini

Rabu, 08 Agustus 2018

CONTOH LAPORAN MAGANG



LAPORAN
PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG)
NOVITA HOTEL JAMBI

Disusun Oleh :
NAMA              : FEBRI NUR CAHYATI
NIS                    :
JURUSAN         : AKOMODASI  PERHOTELAN      


SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
SMK NEGERI 4 SAROLANGUN
TAHUN 2017/2018
 











LEMBARAN PENGESAHAN

Penulis laporan hasil akhir pendidikan sistem ganda (PSG) di Novita Hotel Jambi telah di periksa dan di setuju oleh kedua belah pihak yang bersangkutan.

SAROLANGUN, 20 Oktober 2017
Manager Housekeeping Novita Hotel Jambi


BAMBANG YUSWANTO
NIP: 11115019



PIHAK SEKOLAH


KEPALA SEKOLAH SMK N 4                               GURU PEMBIMBING SAROLANGUN



SAFUAN, S.Pd.M.PdI                                             SUHENDRI, S.Pd










DAFTAR ISI

COVER
HALAMAN PENGESAHAN .......................................................................... i
DAFTAR ISI ..................................................................................................... ii
KATA PENGANTAR ..................................................................................... iii
IDENTITAS SISWA ........................................................................................ iv
IDENTITAS PERUSAHAAN ......................................................................... v
BAB I PENDAHULUAN   
A. Latar Belakang................................................................................................ 1
B.Tujuan............................................................................................................... 1
C. Profil Perusahaan ............................................................................................ 1
BAB II DESKRIPSI TENTANG PERUSAHAAN / INDUSTRI
TEMPAT PELAKSANAAN PSG
A. Fasilitas Hotel Novita Jambi .......................................................................... 3
B. Struktur Organisasi.......................................................................................... 6
C. Pengaturan Jam Kerja .................................................................................... 11
BAB III LAPORAN HASIL KEGIATAN
A. Pada Saat House Keeping ............................................................................. 12
BAB IV PENUTUP
A.Kesimpulan...................................................................................................... 13
B. Saran .............................................................................................................. 13
SURAT KETERANGAN MAGANG ............................................................ 14
LAMPIRAN




KATA PENGANTAR

Dengan mengucap puji dan syukur kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan kekuatan dan kesehatan bagi kami sehingga dapat menyelesaikan pelaksanaan Pendidikan Sistim Ganda ( PSG ) di NOVITA HOTEL JAMBI selama 3 bulan dari tanggal 24 Juli – 20 Oktober 2017.
Laporan ini disusun berdasarkan data yang nyata, yang saya dapatkan Selama saya melaksanakan Pendidikan Sistim Ganda ( PSG ). Agar tetap mau menerima anak magang untuk tahun berikutnya dan bersedia membimbing serta memberikan masukan – masukan selama berlangsungnya Pendidikan Sistim Ganda ( PSG ).
Kepada DU / DI yang telah bersedia membimbing kami, semoga ini dapat bermanfaat bagi kami semua dan Allah SWT membalas semua amal kebaikan kita semua amin…..
Akhir kata saya mengucapkan terimakasih.

                                                                        Sarolangun, 20  September 2017
Penulis

FEBRI NUR CAHYATI






IDENTITAS SISWA

NAMA                                                : FEBRI NUR CAHYATI
TEMPAT, TANGGAL LAHIR         : RANTAU KASAU, 11 FEBRUARI 2001
NIS                                                     :
ALAMAT                                           : SRI PELAYANG
SEKOLAH                                         : SMK N 4 SAROLANGUN
NO TELEPON                                   : 085379052938
NAMA ORANG TUA
            AYAH                                    : SUNARTO
            IBU                                         : SUWANTI
ALAMAT                               : SRI PELAYANG




 





IDENTITAS PERUSAHAAN

NAMA PERUSAHAAN / INSTANSI         : PT TIRTA MAS JAYA
LEMBAGA                                                    : NOVITA HOTEL JAMBI
ALAMAT                                                       : Gatot Subroto No 44 Jambi 13614
NO TELEPON / FAX                                                : +62 741 27208 / +62 741 27209
NAMA PIMPINAN                                       : KHUSAERI SEGER





BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Pelaksanaan Pendidikan Sistim Ganda ( PSG ) dengan istilah lain “ link and match “ mengandung pengertian pendidikan pada dua sisi yaitu di sekolah  & di dunia usaha / industry. Sistim ini dilakukan guna meningkatkan mutu tamatan sekolah menengah kejuruan ( SMK ) yang mengarah kepada relevansi lapangan kerja & perkembangan dunia usaha / industry.

B.     Tujuan
Dengan adanya laporan ini diharapkan dapat :
1.      Menjadi pedoman pelaksanaan prakerin.
2.      Mengetahui&merekam perkembangan siswa/i selama mengikuti prakerin.
3.      Sarana penilaian / pengukuran bagi pembimbing / instruktur di DU/DI.
4.      Menjadi bukti atas kegiatan praktik kerja industry yang dilakukan siswa/i.

C.    PROFIL PERUSAHAAN
Pada tahun 1996, tepatnya tanggal 29 September, PT TIRTA MAS JAYA mendirikan sebuah Hotel Berbintang 4 di atas tanah seluas 70 X 100 M2. Dengan menggandeng Chain Hotel ACCOR International sebagai salah satu leading Business Hotel Management, berdirilah dengan bangga NOVOTEL JAMBI, yang menjadi land mark dan leading Hotel di kota Jambi.
Novotel Jambi menyediakan 148 kamar, Seiiring dengan waktu dan terusnya permintaan tamu-tamu, khususnya fasilitas hiburan, maka pada tahun 1998,  kamar-kamar lantai 5 secara resmi di tutup dan dialihkan menjadi karaoke VVIP room dan menjadikan total kamar berubah menjadi 148 kamar yang terdiri dari 4 tipe kamar yaitu :

1.      Kamar Standar, harga untuk kamar standar ini adalah Rp.650.000,- .
2.      Kamar Superior, harga untuk kamar standar ini adalah Rp.750.000,-
3.      Suite Bisnis ,harga untuk kamar standar ini adalah Rp.2.100.000,-
4.      Eksecutive Suite, harga untuk kamar standar ini adalah Rp.2.100.000,-.

Setelah 14 tahun bergabung dengan Accor Group, banyak belajar dan matang dalam pengelolaan hotel management, maka secara resmi pada tanggal 30 May 2010 NOVOTEL JAMBI melepaskan diri dari Accor Group Management. Setelah melepaskan diri dari Novotel / Accor Group, mengganti nama menjadi NOVITA HOTEL.
NOVITA  adalah  nama  bunga  yang  sangat  harum  dan  wangi  di  daratan Eropa  dan  kami  akan  memberikan  komitmen  pelayanan  yang  sangat  baik kepada tamu - tamu kami agar tetap mempunyai nama harum. Dan juga telah menambah 5 meeting room di lantai 4 yang bisa menampung masing masing 200 orang dan juga bisa dijadikan ball room untuk acara acara besar dengan kapasitas sekitar 1000 orang.


BAB II
DESKRIPSI TENTANG PERUSAHAAN / INDUSTRI
TEMPAT PELAKSANAAN PSG

A.    FASILITAS HOTEL NOVITA JAMBI
Hotel NOVITA Jambi merupakan hotel berbintang 4 dengan menyediakan 148 kamar dengan berbagai tipe dan juga fasilitas lainnya seperti :
1.       Fasilitas Kamar
Hotel NOVITA Jambi memiliki 148 kamar yang terbagi 4 kategori
Yaitu :
1.1  Kamar Standar
Kamar ini dilengkapi dengan LED TV ukuran 32 inci dengan 46 saluran local dan  international, Air Conditioner, Mini Bar, Pembuat teh dan kopi, Brankas, Internet Tampa kabel, telepon kabel dan panel kontrol disamping tempat tidur dengan pilihan king atau twin tempat tidur yang menjamin kenyamanan menginap di Novita Hotel. Sarapan pagi disediakan untuk dua orang. Total kamar 51 kamar. Harga untuk kamar standar ini adalah Rp.650.000,-.
1.2  Kamar Superior
Kamar ini dilengkapi dengan LED TV ukuran 32 inci dengan 46 saluran local dan  international, Air Conditioner, Mini Bar, Pembuat teh dan kopi, Brankas, Internet Tampa kabel, telepon kabel dan panel kontrol disamping tempat tidur dengan pilihan king atau twin tempat tidur yang menjamin kenyamanan menginap di Novita Hotel. Sarapan pagi disediakan untuk dua orang. Total kamar 51 kamar. Harga untuk kamar standar ini adalah Rp.750.000,-.
1.3  Suite Bisnis
Kamar Business Suite memiliki ruang tamu yang terpisah dengan ruang tidur. Kamar dilengkapi dengan satu LED TV ukuran 32 inci di ruang tamu dan satu di kamar tidur dengan 46 saluran lokan dan internasional, tempat tidur ukuran king, sofa dan keranjang buah saat masuk. Air Conditioner, mini bar, pembuat teh dan kopi, brankas, internet tanpa kabel, telpon kabel dan panel control disamping tempat tidur. Sarapan pagi disediakan untuk dua orang.  Total kamar 3 kamar. Harga untuk kamar standar ini adalah Rp.2.100.000,-.
1.4  Eksekutif Suite
Kamar Business Suite memiliki ruang tamu yang terpisah dengan ruang tidur. Kamar dilengkapi dengan satu LED TV ukuran 32 inci di ruang tamu dan satu di kamar tidur dengan 46 saluran lokan dan internasional, tempat tidur ukuran king, sofa dan keranjang buah saat masuk. Air Conditioner, mini bar, pembuat teh dan kopi, brankas, internet tanpa kabel, telpon kabel dan panel control disamping tempat tidur. Sarapan pagi disediakan untuk dua orang.  Total kamar 3 kamar. Harga untuk kamar standar ini adalah Rp.3.300.000,-.
2.       Ballroom dan Meeting Room
Ruang Pertemuan dan Ballroom Angso Duo, Lokasi lantai 2, lantai 4 dan lantai 5. Ballroom dan 7 ruang pertemuan kami cocok untuk acara  acara pertemuan, konferensi atau acara pribadi. Ruangan dilengkapi dengan perlengkapan audio visual yang moderen yang pas untuk pertemuan kecil sampai acara besar dengan kapasitas sampai 1200 orang.
3.       Fitness Center dan Swimming Pool
Klub kebugaran dan Kolom Renang. Terletak dilantai 4. Buka jam 06.00 - 20.00. Ruangan yang luas dengan peralatan kebugaran yang lengkap yang dilanjutkan dengan klas aerobik selama menginap di Novita Hotel. Novita Hotel juga menyediakan sauna dan kolom renang ruang terbuka di lantai 5.

4.       Restaurant 24 Jam
Restauran di NOvita Hotel Jambi terbagi atas 3 bagian yaitu :

4.1  MAYANG MANGURAI CAFÉ
Lokasi di lantai dua, Buka jam 06.00 – 23.00. Mayang Mangurai Cafe menawarkan bermacam pilihan menu, dari spesifik local sampai menu terbaik Eropa

4.2  ANDALAS LONGE BAR
lokasi dilantai satu, area lobi. Buka jam 09.00 – 24.00.   Nikmati pilihan Wine, Brandy, Wiski, Cocktai, Bir, Fresh Juice,  Capuccino, sambil mendengarkan  musik progresif.

4.3  XIANG FEI RESTORAN
Lokasi lantai dua, Makan siang jam 10.00 – 14.00, Makan malam jam 18.00 – 21.00. Xiang Fei adalah tempat di tengah kota yang elegan untuk makan malam yang menyajikan  masakan cina asli yang didisain secara moderen.

5.       Karaoke dan Diskotik
Terletak di lantai 4, Buka jam 20.00 – 03.00. Diskotik Baby Rock menyediakan pilihan Wine, Brandy, Cocktail dan Whisky sambil menikmati musik progresif dari DJ dan adanya promo setiap minggunya
6.       Pastry Shop
Pastry merupakan seksi yang terdapat dalam organisasi  Food & Beverages Product  yang khusus menangani/membuat kue , cake, cookies, pastries, chocolate, pudding dan aneka dessert lainnya.
Di dalamnya terdapat sub seksi yaitu Bakery yang khusus membuat berbagai macam roti (bread).

7.       Parkir Hotel
Novita hotel menyediakan lokasi parkir di lantai dasar dan disamping hotel

8.       Wifi Gratis
Salah satu fasilitas yang membuat tamu Novita Hotel lebih nyaman adalah fasilitas Wifi Gratis dengan teknologi dan kecepatan yang sangat memuaskan.
B.     Struktur Organisasi
Organisasi merupakan suatu kerangka kerja dari suatu management, yang terdi dari pengelompokan orang – orang serta tugas dari satu kesatuan untuk mencapai tujuan tertentu. Adapun struktur organisasi di NOVITA hotel Jambi yang akan dijelaskan sebagai berikut :
b.1 General Manager
General Manager adalah puncak pimpinan dari sebuah struktur organisasi hotel. Ia bertanggung jawab atas keseluruhan penyelenggaraan hotel dan kinerja seluruh karyawannya.
b.2 Marketing
Adapun tugas dan tanggung jawab marketing pada NOVITA hotel Jambi adalah :
1.      Merencanakan aktivitas pemasaran
2.      Menyiapkan anggaran pemasaran
3.      Melakukan penelitian pemasaran serta pelaksanaan promosi terhadap masyarakat.



b.3 Room Service
Mempertanggung Jawabkan kesiapan  devisinya dalam menerima tamu menjaga kenyamanan kamar yang tersedia untuk ditempati tamunya dan menjaga service sampai tamu meninggalkan hotel.
Dalam melaksanakan tugasnya devisi beranggung jawab kepada general manager dan membawahi sebagai berikut :
a.       Front Office
Bagian Front Office terdiri dari :
a.1 Receptionist yang bertugas melayani registrasi bagi tamu yang check in dan check out serta menentukan kamar yang akan ditempati tamu.
a.2 Operator Telepon bertugas dalam hal pelayanan telepon baik untuk tamu maupun untuk hotel itu sendiri.
b.      House Keeping
Bertanggung jawab kepada room division dalam hal kesiapan ruangan dan kamar tamu agar kamar tersebut tetap bersih dan rapi, sehingga siap unuk dipakai. House keeping terdiri atas :
b.1  Room Maid
bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan dan perawatan kamar serta fasilitas yang ada didalamnya.
b.2 Gardener
Bertugas dan bertanggung jawab menjaga kebersihan dan perawatan kebun atau tanaman.

b.3 Loundry Supervisor
Fasilitas hotel ini memberikan pelayanan dalam ha pencucuian pakaian tamu dan pencucian fasilitas hotel  berupa pakaian dan linen.







·         Executive house keeping mempunyai tugas antara lain sebagai berikut :
1.      Bertanggung jawab atas kebersihan klamar tamu dan area hotel
2.      Mengontrol linen – linen yang perlu diganti.
3.      Mengontrol kors di house keeping.

·         Tugas Supervisor
1.      Seseorang yang diberi tugas dan bertanggung jawab dalam pengecekan kamar dan membantu executive house keeper dalam mengatur dan mengawasi kelancaran kerja staff yang berada pada departemen house keeping.
2.      Bertangggung jawab atas kebersihan kamar sesuai dengan standard an prosedur yang telah ditentukan.
3.      Memberi penugasan dan arahan terhadap tugas – tugas yang harus dikerjakan oleh karyawan setiap lantai
4.      Memberi pengarahan dan bimbingan kepada room attendant dan OT
5.      Memeriksa kondisi kamar dan melaporkan status kamar sesuai dengan pemerksaan kamar yang lengkap dan sipa dijual.

·         Order Taker mempunyai tugas antara lain:
1.      Baca Look Book
2.      Menulis tugas room attendant sheet
3.      Cek barang – barang amanitis & minibar.
4.      Membuat SR & PR
5.      Menyetrika Laundryan tamu jika ada
6.      Closingan linen dan minibar.

a.       F&B ( Food & Beverage )
Mempunyai tugas sebagai berikut :
1.      Menyiapkan makanan / minuman seperti sarapan pagi ( b’fast ).
2.      Menyiapkan makanan / minuman jika ada event.
3.      Menyiapkan makanan / minuman jika ada orderan.
4.      Menjaga kebersihan area kitchen.
5.      Mengorder barang – barang yang diperlukan di kitchen.
c.1 FB. Service
Mempunyai tugas sebagai berikut :
1.      Memberi pelayanan yang terbaik terhadap pelanggan.
2.      Mengurus peralatan restoran / coffeshop
3.      Menghandle break fast
4.      Taker order room service &caffe shop
5.      Table setting
6.      Clera up coffe shop & room service



b.      Engineering
Mempunyai tugas memperbaiki fasilitas hotel yang rusak seperti AC, lampu, mesin engineering, dll yang sifatnya sama dengan operasional hotel.
c.       Human Resouce Departement
Mempunyai tugas antara lain :
1.      Menjaga keamanan perusahaan ( security )
2.      Menjaga area hotel

d.      BO / Back Office ( Accounting )
Mempunyai tugas antara lain :
f.1 Purchasing
1. Rekapitulasi makanan / minuman pelanggan
2. Mengecek GI / guest in
3. Mengecek bill
4. Mengisi inventory linen & laundry
5. Mengisi laundry supplies
6. MEngisi printing stationery
7. Mengisi minibar
8. Rekapitulasi hutang Novita Hotel.
9. MEngisi catatan inventory kitchen makanan /
    minuma.
10. Melakukan closing pada akhir bulan
f.2 Store Keeper
1. Menerima orderan atau requestin dari masing – masing department.
2. Melakukan closing pada akhir bulan.
3. Mengisi inventory bulanan dan harian.
4. Menghitung GI /Guest In.
5. Melakukan clear Up

A.    Pengaturan Jam Kerja

Jam kerja NOVITA hotel Jambi terbagi atas dua bagian yaitu :
1.      Operational
Operational berlaku untuk bagian front office, security, house keeping, food and beverage dan engenering. Jam kerjanya terdiri atas tiga shift setiap harinya yaitu:

1.1  Shift pagi mulai dari pukul 07.00 – 15.00 WIB
1.2  Shift siang mulai dari pukul 15.00 – 22.00 WIB
1.3  Shift malam mulai dari pukul 22.00 – 07.00 WIB
Shift ini berlaku bagi semua karyawan bagian operational dengan pengaturan 8 jam kerja dalam sehari. Dan selama jam kerja setiap karyawan terdapat waktu istirahat 1 jam.

2.      Non Operational
Berlaku pada bagian marketing, personalia, dan accounting dengan jam kerja mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB. Pengaturan jam kerja hamper sama dengan bagian operational yakni 8 jam dalam 1 hari, 6 hari kerja 1 hari libur yaitu pada hari minggu.










BAB III
LAPORAN HASIL KEGIATAN

Laporan hasil kegiatan yang biasa dilakukan pada saat PSG
A.    Pada saat dihouse keeping 24 Juli 2017
Hari pertama kali saya magang di tempatkan di house keeping, saya diberi arahan dan beberapa aturan yang harus ditaati.
Ketika saya diroom saya diberitahu bagaimana cara making bed, membersihkan toilet & mengisi amanitis yang kurang dikamar tersebut.

Tugas Saya di house keeping :
1.      Membersihkan kamar lantai 5 sampai lantai 11
2.      Membersihkan Kamar OOC
3.      Membersihkan kamar check out
Hambatan – Hambatan yang ditemui dan penyelesaiannya
Selama KEgiatan Pendidikan Sistim Ganda ( PSG ) berlangsung penulis menemui dan mengalami masalah yang menghambat kelancaran kegiatan praktek antara lain adalah :
1.      Kurangnya bersosialisasi pada minggu pertama
2.      Kurangnya inisiatif dalam bekerja
3.      Kurangnya fasilitas kerja.
4.      Kurangnya kerja sama tim.
Penyelesaiannya
1.      Sebaiknya kita harus bersosialisasi terhadap karywan hotel.
2.      Sebaiknya dalam bekerja kita harus berinisiatif.
3.      Sebaiknya pihak hotel memberikan / menambahkan fasilitas yang nyaman.
4.      Sebaiknya adnya kerja sama tim dan kesadaran kerja.

BAB IV
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Berdasarkan penjelasan yang ada bahwa setiap bagian departement memiliki tugas dan tanggung jawab masing – masing, dan setiap individu telah diberikan beban tugas sehingga mereka memiliki tanggung jawab personal terhadap kerjanya.

B.     Saran – Saran.
B.1 Pihak Perusahaan
Pihak perusahaan sebaiknya membimbing serta memberikan kritikan dan masukan supaya anak magang lebih mengetahui dimana letak kesalahan yang harus diperbaiki karena masukan dan kritikan dari pihak perusahaan akan sangat membantu selama melaksanakan Pendidikan Sistim Ganda ( PSG ).

B.2 Pihak Sekolah
1.  Pihak sekolah agar dapat membantu kegiatan siswa/i yang sedang melaksanakan  Pendidikan Sistim Ganda ( PSG ), untuk mengetahui perkembangan yang terjadi di tempat prekerin.
2.  Saya juga mengucapkan terimakasih kepada pihak sekolah yang telah menempatkan saya di NOVITA Hotel Jambi karena Selama saya magang disini begitu banyak ilmu yang saya dapatkan tidak hanya di accounting saja tapi juga tentang perhotelan.







S U R A T   K E T E R A N G A N
NO. ..................................................

Yang bertanda tangan di bawah ini pembimbing program PRAKERIN pada insitusi /DUDI/ industri “NOVITA HOTEL JAMBI  “.

Menerangkan dengan sesungguhnya:
Nama                                                  :  Febri Nur Cahyati
No. Induk Siswa                                :
Kompetensi Keahlian                        : Akomondasi Perhotelan
Sekolah                                               : SMK N 4 Sarolangun
Bahwa yang bersangkutan telah melaksanakan PRAKERIN selama 3 bulan terhitung mulai tanggal 20 Juli  2017 s/d 20 Oktober 2017.
Demikian Surat Keterangan ini kami buat, untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Sarolangun   20  Oktober 2017
Officer Du/Di


NOVITA HOTEL JAMBI
TIPE KAMAR
1.      Kamar  Standar

1.      Kamar Superior
 
1.      Suite Bisnis

1.      Eksekutif Suite

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MAKALAH DINAMIKA PENERAPAN DEMOKRASI PANCASILA “ SISTEM DAN DINAMIKA DEMOKRASI PANCASILA”

  M A K A L A H DINAMIKA PENERAPAN DEMOKRASI PANCASILA “ SISTEM DAN DINAMIKA DEMOKRASI PANCASILA” BAB I PENDAHULUAN A.   ...