LAPORAN
PENDIDIKAN SISTEM GANDA
(PSG)
NOVITA HOTEL JAMBI
Disusun Oleh :
NAMA : FEBRI
NUR CAHYATI
NIS :
JURUSAN :
AKOMODASI PERHOTELAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
SMK NEGERI 4 SAROLANGUN
TAHUN 2017/2018
LEMBARAN
PENGESAHAN
Penulis
laporan hasil akhir pendidikan sistem ganda (PSG) di Novita Hotel Jambi
telah di periksa dan di setuju oleh kedua belah pihak yang bersangkutan.
SAROLANGUN, 20 Oktober 2017
Manager Housekeeping Novita Hotel Jambi
BAMBANG
YUSWANTO
NIP:
11115019
PIHAK
SEKOLAH
KEPALA
SEKOLAH SMK N 4
GURU PEMBIMBING SAROLANGUN
SAFUAN, S.Pd.M.PdI SUHENDRI, S.Pd
DAFTAR
ISI
COVER
HALAMAN PENGESAHAN .......................................................................... i
DAFTAR ISI ..................................................................................................... ii
KATA PENGANTAR ..................................................................................... iii
IDENTITAS SISWA ........................................................................................ iv
IDENTITAS PERUSAHAAN ......................................................................... v
BAB
I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang................................................................................................ 1
B.Tujuan............................................................................................................... 1
C. Profil Perusahaan ............................................................................................ 1
BAB II DESKRIPSI TENTANG PERUSAHAAN / INDUSTRI
TEMPAT PELAKSANAAN PSG
A. Fasilitas Hotel Novita Jambi .......................................................................... 3
B. Struktur Organisasi.......................................................................................... 6
C. Pengaturan Jam Kerja .................................................................................... 11
BAB
III LAPORAN HASIL KEGIATAN
A. Pada Saat House Keeping ............................................................................. 12
BAB
IV PENUTUP
A.Kesimpulan...................................................................................................... 13
B. Saran .............................................................................................................. 13
SURAT
KETERANGAN MAGANG ............................................................ 14
LAMPIRAN
KATA PENGANTAR
Dengan mengucap puji dan syukur kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan
kekuatan dan kesehatan bagi kami sehingga dapat menyelesaikan pelaksanaan
Pendidikan Sistim Ganda ( PSG ) di NOVITA HOTEL JAMBI selama 3 bulan dari
tanggal 24 Juli – 20 Oktober 2017.
Laporan ini disusun berdasarkan data yang nyata, yang saya dapatkan
Selama saya melaksanakan Pendidikan Sistim Ganda ( PSG ). Agar tetap
mau menerima anak magang untuk tahun berikutnya dan bersedia membimbing serta
memberikan masukan – masukan selama berlangsungnya Pendidikan Sistim Ganda ( PSG ).
Kepada DU / DI yang telah bersedia membimbing kami, semoga ini dapat
bermanfaat bagi kami semua dan Allah SWT membalas semua amal kebaikan kita
semua amin…..
Akhir kata saya mengucapkan terimakasih.
Sarolangun, 20 September 2017
Penulis
FEBRI NUR CAHYATI
IDENTITAS
SISWA
NAMA :
FEBRI NUR CAHYATI
TEMPAT,
TANGGAL LAHIR : RANTAU KASAU, 11
FEBRUARI 2001
NIS :
ALAMAT : SRI
PELAYANG
SEKOLAH : SMK N
4 SAROLANGUN
NO
TELEPON :
085379052938
NAMA
ORANG TUA
AYAH : SUNARTO
IBU :
SUWANTI
ALAMAT :
SRI PELAYANG
IDENTITAS PERUSAHAAN
NAMA
PERUSAHAAN / INSTANSI : PT
TIRTA MAS JAYA
LEMBAGA :
NOVITA HOTEL JAMBI
ALAMAT :
Gatot
Subroto No 44 Jambi 13614
NO
TELEPON / FAX :
+62
741 27208 / +62
741 27209
NAMA
PIMPINAN :
KHUSAERI SEGER
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pelaksanaan Pendidikan Sistim Ganda ( PSG ) dengan istilah lain “ link
and match “ mengandung pengertian pendidikan pada dua sisi yaitu di
sekolah & di dunia usaha / industry.
Sistim ini dilakukan guna meningkatkan mutu tamatan sekolah menengah kejuruan (
SMK ) yang mengarah kepada relevansi lapangan kerja & perkembangan dunia
usaha / industry.
B.
Tujuan
Dengan
adanya laporan ini diharapkan dapat :
1.
Menjadi pedoman pelaksanaan
prakerin.
2.
Mengetahui&merekam
perkembangan siswa/i selama mengikuti prakerin.
3.
Sarana penilaian /
pengukuran bagi pembimbing / instruktur di DU/DI.
4.
Menjadi bukti atas kegiatan
praktik kerja industry yang dilakukan siswa/i.
C.
PROFIL PERUSAHAAN
Pada
tahun 1996, tepatnya tanggal 29 September, PT TIRTA MAS JAYA mendirikan sebuah
Hotel Berbintang 4 di atas tanah seluas 70 X 100 M2. Dengan menggandeng Chain
Hotel ACCOR International sebagai salah satu leading Business Hotel Management,
berdirilah dengan bangga NOVOTEL JAMBI, yang menjadi land mark dan leading
Hotel di kota Jambi.
Novotel Jambi
menyediakan 148 kamar, Seiiring dengan waktu dan terusnya permintaan tamu-tamu,
khususnya fasilitas hiburan, maka pada tahun 1998, kamar-kamar lantai 5
secara resmi di tutup dan dialihkan menjadi karaoke VVIP room dan menjadikan
total kamar berubah menjadi 148 kamar yang terdiri dari 4 tipe kamar yaitu :
1.
Kamar Standar, harga untuk kamar standar ini adalah
Rp.650.000,- .
2.
Kamar Superior, harga untuk kamar standar ini adalah
Rp.750.000,-
3.
Suite Bisnis ,harga untuk kamar standar ini adalah
Rp.2.100.000,-
4.
Eksecutive Suite, harga untuk kamar standar ini adalah
Rp.2.100.000,-.
Setelah 14 tahun
bergabung dengan Accor Group, banyak belajar dan matang dalam pengelolaan hotel
management, maka secara resmi pada tanggal 30 May 2010 NOVOTEL JAMBI melepaskan
diri dari Accor Group Management. Setelah melepaskan diri dari Novotel / Accor
Group, mengganti nama menjadi NOVITA HOTEL.
NOVITA adalah nama bunga
yang sangat harum dan
wangi di daratan
Eropa dan kami akan
memberikan komitmen pelayanan yang sangat
baik kepada tamu - tamu kami agar tetap
mempunyai nama harum. Dan juga telah menambah 5 meeting room di lantai 4 yang
bisa menampung masing masing 200 orang dan juga bisa dijadikan ball room untuk
acara acara besar dengan kapasitas sekitar 1000 orang.
BAB II
DESKRIPSI
TENTANG PERUSAHAAN / INDUSTRI
TEMPAT
PELAKSANAAN PSG
A.
FASILITAS
HOTEL NOVITA JAMBI
Hotel NOVITA Jambi merupakan hotel berbintang 4 dengan menyediakan 148 kamar
dengan berbagai tipe dan juga fasilitas lainnya seperti :
1.
Fasilitas Kamar
Hotel NOVITA Jambi memiliki 148 kamar yang terbagi 4
kategori
Yaitu :
1.1 Kamar
Standar
Kamar ini
dilengkapi dengan LED TV ukuran 32 inci dengan 46 saluran local dan
international, Air Conditioner, Mini Bar, Pembuat teh dan kopi, Brankas,
Internet Tampa kabel, telepon kabel dan panel kontrol disamping tempat tidur
dengan pilihan king atau twin tempat tidur yang menjamin kenyamanan menginap di
Novita Hotel. Sarapan pagi disediakan untuk dua orang. Total kamar 51 kamar.
Harga untuk kamar standar ini adalah Rp.650.000,-.
1.2 Kamar
Superior
Kamar ini
dilengkapi dengan LED TV ukuran 32 inci dengan 46 saluran local dan
international, Air Conditioner, Mini Bar, Pembuat teh dan kopi, Brankas,
Internet Tampa kabel, telepon kabel dan panel kontrol disamping tempat tidur
dengan pilihan king atau twin tempat tidur yang menjamin kenyamanan menginap di
Novita Hotel. Sarapan pagi disediakan untuk dua orang. Total kamar 51 kamar.
Harga untuk kamar standar ini adalah Rp.750.000,-.
1.3 Suite
Bisnis
Kamar Business
Suite memiliki ruang tamu yang terpisah dengan ruang tidur. Kamar dilengkapi
dengan satu LED TV ukuran 32 inci di ruang tamu dan satu di kamar tidur dengan
46 saluran lokan dan internasional, tempat tidur ukuran king, sofa dan
keranjang buah saat masuk. Air Conditioner, mini bar, pembuat teh dan kopi,
brankas, internet tanpa kabel, telpon kabel dan panel control disamping tempat
tidur. Sarapan pagi disediakan untuk dua orang. Total kamar 3 kamar.
Harga untuk kamar standar ini adalah Rp.2.100.000,-.
1.4 Eksekutif
Suite
Kamar Business
Suite memiliki ruang tamu yang terpisah dengan ruang tidur. Kamar dilengkapi
dengan satu LED TV ukuran 32 inci di ruang tamu dan satu di kamar tidur dengan
46 saluran lokan dan internasional, tempat tidur ukuran king, sofa dan
keranjang buah saat masuk. Air Conditioner, mini bar, pembuat teh dan kopi,
brankas, internet tanpa kabel, telpon kabel dan panel control disamping tempat
tidur. Sarapan pagi disediakan untuk dua orang. Total kamar 3 kamar.
Harga untuk kamar standar ini adalah Rp.3.300.000,-.
2.
Ballroom dan Meeting Room
Ruang Pertemuan
dan Ballroom Angso Duo, Lokasi lantai 2, lantai 4 dan lantai 5. Ballroom dan 7
ruang pertemuan kami cocok untuk acara acara pertemuan, konferensi atau
acara pribadi. Ruangan dilengkapi dengan perlengkapan audio visual yang moderen
yang pas untuk pertemuan kecil sampai acara besar dengan kapasitas sampai 1200
orang.
3.
Fitness Center dan
Swimming Pool
Klub kebugaran dan Kolom Renang. Terletak
dilantai 4. Buka jam 06.00 - 20.00. Ruangan yang luas dengan peralatan
kebugaran yang lengkap yang dilanjutkan dengan klas aerobik selama menginap di
Novita Hotel. Novita Hotel juga menyediakan sauna dan kolom renang ruang
terbuka di lantai 5.
4.
Restaurant 24 Jam
Restauran di NOvita Hotel Jambi terbagi atas 3
bagian yaitu :
4.1 MAYANG
MANGURAI CAFÉ
Lokasi di lantai dua,
Buka jam 06.00 – 23.00. Mayang Mangurai Cafe menawarkan bermacam pilihan menu,
dari spesifik local sampai menu terbaik Eropa
4.2
ANDALAS LONGE BAR
lokasi
dilantai satu, area lobi. Buka jam 09.00 – 24.00. Nikmati pilihan
Wine, Brandy, Wiski, Cocktai, Bir, Fresh Juice, Capuccino, sambil
mendengarkan musik progresif.
4.3
XIANG FEI RESTORAN
Lokasi
lantai dua, Makan siang jam 10.00 – 14.00, Makan malam jam 18.00 – 21.00. Xiang
Fei adalah tempat di tengah kota yang elegan untuk makan malam yang
menyajikan masakan cina asli yang didisain secara moderen.
5.
Karaoke dan Diskotik
Terletak di lantai 4, Buka jam 20.00 – 03.00.
Diskotik Baby Rock menyediakan pilihan Wine, Brandy, Cocktail dan Whisky sambil
menikmati musik progresif dari DJ dan adanya promo setiap minggunya
6.
Pastry Shop
Pastry merupakan seksi yang terdapat
dalam organisasi Food & Beverages Product yang khusus
menangani/membuat kue , cake, cookies, pastries, chocolate, pudding dan aneka
dessert lainnya.
Di dalamnya terdapat sub seksi yaitu Bakery yang khusus membuat berbagai macam roti (bread).
Di dalamnya terdapat sub seksi yaitu Bakery yang khusus membuat berbagai macam roti (bread).
7.
Parkir Hotel
Novita hotel menyediakan lokasi parkir di lantai
dasar dan disamping hotel
8.
Wifi Gratis
Salah satu fasilitas yang
membuat tamu Novita Hotel lebih nyaman adalah fasilitas Wifi Gratis dengan teknologi dan kecepatan yang sangat
memuaskan.
B.
Struktur Organisasi
Organisasi
merupakan suatu kerangka kerja dari suatu management, yang terdi dari
pengelompokan orang – orang serta tugas dari satu kesatuan untuk mencapai
tujuan tertentu. Adapun struktur organisasi di NOVITA hotel Jambi yang akan
dijelaskan sebagai berikut :
b.1
General Manager
General
Manager adalah puncak pimpinan dari sebuah struktur organisasi hotel. Ia
bertanggung jawab atas keseluruhan penyelenggaraan hotel dan kinerja seluruh
karyawannya.
b.2 Marketing
Adapun tugas dan tanggung jawab marketing pada NOVITA hotel Jambi adalah
:
1.
Merencanakan
aktivitas pemasaran
2.
Menyiapkan
anggaran pemasaran
3.
Melakukan
penelitian pemasaran serta pelaksanaan promosi terhadap masyarakat.
b.3 Room Service
Mempertanggung
Jawabkan kesiapan devisinya dalam
menerima tamu menjaga kenyamanan kamar yang tersedia untuk ditempati tamunya
dan menjaga service sampai tamu meninggalkan hotel.
Dalam melaksanakan tugasnya devisi beranggung jawab
kepada general manager dan membawahi sebagai berikut :
a.
Front Office
Bagian
Front Office terdiri dari :
a.1
Receptionist yang bertugas melayani registrasi bagi tamu yang check in dan
check out serta menentukan kamar yang akan ditempati tamu.
a.2
Operator Telepon bertugas dalam hal pelayanan telepon baik untuk tamu maupun
untuk hotel itu sendiri.
b.
House Keeping
Bertanggung
jawab kepada room division dalam hal kesiapan ruangan dan kamar tamu agar kamar
tersebut tetap bersih dan rapi, sehingga siap unuk dipakai. House keeping
terdiri atas :
b.1 Room Maid
bertanggung
jawab untuk menjaga kebersihan dan perawatan kamar serta fasilitas yang ada
didalamnya.
b.2 Gardener
Bertugas
dan bertanggung jawab menjaga kebersihan dan perawatan kebun atau tanaman.
b.3 Loundry Supervisor
Fasilitas
hotel ini memberikan pelayanan dalam ha pencucuian pakaian tamu dan pencucian
fasilitas hotel berupa pakaian dan
linen.
·
Executive house
keeping mempunyai tugas antara lain sebagai berikut :
1.
Bertanggung
jawab atas kebersihan klamar tamu dan area hotel
2.
Mengontrol linen
– linen yang perlu diganti.
3.
Mengontrol kors
di house keeping.
·
Tugas Supervisor
1.
Seseorang yang
diberi tugas dan bertanggung jawab dalam pengecekan kamar dan membantu
executive house keeper dalam mengatur dan mengawasi kelancaran kerja staff yang
berada pada departemen house keeping.
2.
Bertangggung
jawab atas kebersihan kamar sesuai dengan standard an prosedur yang telah
ditentukan.
3.
Memberi
penugasan dan arahan terhadap tugas – tugas yang harus dikerjakan oleh karyawan
setiap lantai
4.
Memberi
pengarahan dan bimbingan kepada room attendant dan OT
5.
Memeriksa
kondisi kamar dan melaporkan status kamar sesuai dengan pemerksaan kamar yang
lengkap dan sipa dijual.
·
Order Taker
mempunyai tugas antara lain:
1.
Baca Look Book
2.
Menulis tugas
room attendant sheet
3.
Cek barang –
barang amanitis & minibar.
4.
Membuat SR &
PR
5.
Menyetrika
Laundryan tamu jika ada
6.
Closingan linen
dan minibar.
a.
F&B ( Food
& Beverage )
Mempunyai
tugas sebagai berikut :
1.
Menyiapkan
makanan / minuman seperti sarapan pagi ( b’fast ).
2.
Menyiapkan
makanan / minuman jika ada event.
3.
Menyiapkan makanan
/ minuman jika ada orderan.
4.
Menjaga
kebersihan area kitchen.
5.
Mengorder barang
– barang yang diperlukan di kitchen.
c.1 FB. Service
Mempunyai tugas sebagai berikut :
1.
Memberi
pelayanan yang terbaik terhadap pelanggan.
2.
Mengurus
peralatan restoran / coffeshop
3.
Menghandle break
fast
4.
Taker order room
service &caffe shop
5.
Table setting
6.
Clera up coffe
shop & room service
b.
Engineering
Mempunyai
tugas memperbaiki fasilitas hotel yang rusak seperti AC, lampu, mesin
engineering, dll yang sifatnya sama dengan operasional hotel.
c.
Human Resouce
Departement
Mempunyai
tugas antara lain :
1.
Menjaga keamanan
perusahaan ( security )
2.
Menjaga area
hotel
d.
BO / Back Office
( Accounting )
Mempunyai
tugas antara lain :
f.1 Purchasing
1. Rekapitulasi
makanan / minuman pelanggan
2. Mengecek GI / guest in
3. Mengecek bill
4. Mengisi inventory linen & laundry
5. Mengisi laundry supplies
6. MEngisi printing stationery
7. Mengisi minibar
8. Rekapitulasi hutang Novita Hotel.
9. MEngisi catatan inventory kitchen makanan /
minuma.
10. Melakukan
closing pada akhir bulan
f.2 Store Keeper
1.
Menerima orderan atau requestin dari masing – masing department.
2. Melakukan closing pada akhir bulan.
3. Mengisi inventory bulanan dan harian.
4. Menghitung GI /Guest In.
5. Melakukan clear Up
A. Pengaturan
Jam Kerja
Jam
kerja NOVITA hotel Jambi terbagi atas dua bagian yaitu :
1.
Operational
Operational
berlaku untuk bagian front office, security, house keeping, food and beverage
dan engenering. Jam kerjanya terdiri atas tiga shift setiap harinya yaitu:
1.1 Shift pagi mulai dari pukul 07.00 – 15.00 WIB
1.2 Shift siang mulai dari pukul 15.00 – 22.00 WIB
1.3 Shift malam mulai dari pukul 22.00 – 07.00 WIB
Shift ini berlaku bagi semua karyawan bagian
operational dengan pengaturan 8 jam kerja dalam sehari. Dan selama jam kerja
setiap karyawan terdapat waktu istirahat 1 jam.
2.
Non Operational
Berlaku
pada bagian marketing, personalia, dan accounting dengan jam kerja mulai pukul
08.00 – 16.00 WIB. Pengaturan jam kerja hamper sama dengan bagian operational
yakni 8 jam dalam 1 hari, 6 hari kerja 1 hari libur yaitu pada hari minggu.
BAB III
LAPORAN HASIL KEGIATAN
Laporan hasil kegiatan yang biasa
dilakukan pada saat PSG
A.
Pada saat dihouse keeping 24 Juli 2017
Hari pertama kali saya magang di
tempatkan di house keeping, saya diberi arahan dan beberapa aturan yang harus
ditaati.
Ketika saya diroom saya diberitahu bagaimana cara
making bed, membersihkan toilet & mengisi amanitis yang kurang dikamar
tersebut.
Tugas Saya di house keeping :
1.
Membersihkan kamar lantai 5 sampai lantai 11
2.
Membersihkan Kamar OOC
3.
Membersihkan kamar check out
Hambatan –
Hambatan yang ditemui dan penyelesaiannya
Selama KEgiatan Pendidikan Sistim Ganda ( PSG ) berlangsung penulis
menemui dan mengalami masalah yang menghambat kelancaran kegiatan praktek
antara lain adalah :
1.
Kurangnya bersosialisasi
pada minggu pertama
2.
Kurangnya inisiatif dalam
bekerja
3.
Kurangnya fasilitas kerja.
4.
Kurangnya kerja sama tim.
Penyelesaiannya
1.
Sebaiknya kita harus
bersosialisasi terhadap karywan hotel.
2.
Sebaiknya dalam bekerja kita
harus berinisiatif.
3.
Sebaiknya pihak hotel
memberikan / menambahkan fasilitas yang nyaman.
4.
Sebaiknya adnya kerja sama
tim dan kesadaran kerja.
BAB IV
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Berdasarkan penjelasan yang ada bahwa setiap
bagian departement memiliki tugas dan tanggung jawab masing – masing, dan
setiap individu telah diberikan beban tugas sehingga mereka memiliki tanggung
jawab personal terhadap kerjanya.
B.1 Pihak
Perusahaan
Pihak perusahaan sebaiknya
membimbing serta memberikan kritikan dan masukan supaya anak magang lebih
mengetahui dimana letak kesalahan yang harus diperbaiki karena masukan dan
kritikan dari pihak perusahaan akan sangat membantu selama melaksanakan
Pendidikan Sistim Ganda ( PSG ).
B.2 Pihak Sekolah
1. Pihak
sekolah agar dapat membantu kegiatan siswa/i yang sedang melaksanakan Pendidikan Sistim Ganda ( PSG ), untuk
mengetahui perkembangan yang terjadi di tempat prekerin.
2. Saya juga
mengucapkan terimakasih kepada pihak sekolah yang telah menempatkan saya di
NOVITA Hotel Jambi karena Selama saya magang disini begitu banyak ilmu yang
saya dapatkan tidak hanya di accounting saja tapi juga tentang perhotelan.
S U R A T K E T E R A N G A N
NO. ..................................................
Yang bertanda tangan di bawah ini
pembimbing program PRAKERIN pada insitusi /DUDI/ industri “NOVITA HOTEL JAMBI
“.
Menerangkan dengan sesungguhnya:
Nama : Febri Nur Cahyati
No. Induk Siswa :
Kompetensi Keahlian : Akomondasi
Perhotelan
Sekolah : SMK N 4
Sarolangun
Bahwa yang bersangkutan telah
melaksanakan PRAKERIN selama 3 bulan terhitung mulai tanggal 20 Juli 2017 s/d 20 Oktober 2017.
Demikian Surat Keterangan ini kami
buat, untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
Sarolangun 20
Oktober 2017
Officer Du/Di
NOVITA
HOTEL JAMBI
TIPE KAMAR
1. Kamar Standar
1. Kamar Superior
1. Suite Bisnis
1. Eksekutif Suite
Tidak ada komentar:
Posting Komentar